Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Saturday, June 9, 2012

(Linux Dasar)Uninstall Paket Software Di Linux Melalui Terminal

Anda sudah bisa menginstall software ??selamat!!tapi anda pasti bingung bagaimana cara untuk meng-uninstall software tersebut jika ternyata software yang anda install tidak sesuai keinginan anda ,nah bagaimana caranya??sekarang kita akan membahasanya,tutorial kali ini khusus untuk beginner,yang sudah merasa jago mending jangan dibaca daripada mati kebosenan :D
oke langsung cekidot kawan !!
Di Linux ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meng-uninstall sebuah paket software,salah satunya adalah melalui Terminal/Console tapi dengan syarat anda mengetahui pasti nama software yang akan di uninstall,ini adalah cara yang paling saya sukai
berikut langkah-langkahnya :
1. Buka Terminal
2. Ketikkan baris perintah ini sudo apt-get remove (nama software)  atau sudo apt-get purge (nama software) jika anda ingin menghapus paket ini secara komplit dan permanent,lalu tekan enter ,anda akan diminta untuk memasukkan password user anda dan akan muncul peringatan"do you want to continue?" ,kalau hati anda sudah mantap melepaskan kepergiannya(kyak sinetron aja) maka tekan huruf y pada keyboard tapi jika anda ingin mengurungkan niat anda untuk meng-uninstall paket tersebut ,tekanlah huruf n.
3. Saya asumsikan anda berniat melanjutkan proses uninstall ,anda menekan y dan enter,tunggu sebentar,proses uninstall akan berjalan sendiri dan yes anda sukses !!!

sekian tutorial dari saya,semoga bermanfaat ,maaf tidak menyertakan screenshot,yah tau sendirilah koneksi saya gimana,tapi saya harap anda mengrti,heheh:)

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)