Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sunday, August 12, 2012

Tanpa Bimbel Aku Bisa Masuk STAN(Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)




Namaku Izazi Mubarok. Teman-teman sering memanggilku Izazi, Iza, Zi, Mas Bagus [hehehe] atau ada juga yang memanggil Barok terutama teman-teman satu kampung. Alhamdulillah di usiaku sekarang yang ke-26 ini, aku sudah bekerja selama 4 tahun di salah satu instansi penting dan vital di Lingkungan Kementerian Keuangan, tepatnya sejak awal tahun 2007.


Akhir-akhir ini, banyak teman lulusan SMA tahun 2011 yang menunggu dan membicarakan mengenaipendaftaran STAN 2011, hal ini mengingatkanku sekitar 8 tahun lalu saat aku lulus SMA N 1 Slawi dan menginginkan sekali untuk masuk STAN.



Setelah aku lulus SMA tahun 2003, banyak teman di SMA-ku termasuk aku yang menginginkan untuk bisa masuk STAN. Namun saat itu aku belum bisa belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Seleksi Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (USM STAN) karena fokus utama belajarku dan teman-teman adalah sukses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Oleh karena itu, banyak teman yang menghabiskan sejumlah uang untuk mengikuti bimbel intensif persiapan ujian SPMB termasuk aku yang mengikuti bimbel persiapan khusus SPMB di Bandung karena salah satu cita-citaku adalah masuk Teknik Elektro ITB.



Di sela-sela kesibukanku belajar mempersiapkan diri untuk ujian SPMB, sebenarnya aku dan orang tuaku sangat menginginkan agar aku mencoba mengikuti USM STAN. Namun seperti biasa aku merasa bingung  apa yang harus dipersiapkan dan pesimis apakah aku bisa sukses masuk STAN padahal pendaftaran STAN saat itu tinggal beberapa minggu lagi dan aku masih belum mengetahui apa saja yang harus aku lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi USM STAN karena fokusku saat itu adalah sukses ujian SPMB dan masuk ITB.



Saat itupun aku sadar kalau aku harus belajar dengan giat dan serius materi  dan soal yang biasanya dikeluarkan di USM STAN karena materi yang diujikan dalam USM STAN bukanlah materi yang  umumnya dipelajari di SMA seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dll yang merupakan materi untuk ujian SPMB, kecuali Bahasa Inggris yang mungkin bisa dikeluarkan sama dengan materi di SMA.



Menemukan Ide Strategi Menghadapi USM STAN



Alhamdulillah, akhirnya aku mendapatkan ide pada saat itu untuk mencari kakak kelas yang sudah sukses menghadapi USM STAN dan kemudian menanyakan mengenai tips suksesnya. Di sela-sela belajar mempersiapkan ujian SPMB, aku mencoba  mendalami tips sukses masuk STAN dari kakak kelas dan berusaha memahami secara rinci dari A s.d Z apa saja yang perlu dilakukan sebelum USM STAN, pada saat mendaftar, menjelang USM STAN, dan termasuk tips saat USM STAN berlangsung. Dan salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui dan mempelajari soal-soal apa saja yang sering dikeluarkan pada USM STAN karena kata kakak kelas biasanya soal-soal yang diujikan pada USM STAN itu hampir sama dalam metode pengerjaan atau penyelesaiannya dan yang membedakan hanya pada angka-angka atau divariasi sedikit.



Menjelang ujian SPMB dan USM STAN yang hanya memiliki selisih 2 hari, aku berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian SPMB. Lebih dari itu, akupun dengan sangat semangat mempersiapkan diri untuk menghadapi  USM STAN dengan baik dengan cara mengikuti tipssukses yang diberikan oleh kakak kelas yang sudah sukses masuk STAN dan mempelajari soal-soal yang sering dikeluarkan pada USM STAN  sekalipun waktu pendaftaran STAN hanya tinggal menunggu beberapa hari saja. Aku juga menyadari bahwa yang aku perlukan untuk bisa sukses masuk STAN adalah belajar sendiri untuk mengasah kemampuan, mengikuti langkah-langkah simple namun penting untuk dilakukan serta do'a dariku dan dari orang tuaku. Oleh karenanya belajar dari pengalaman tersebut, menurutku kita tidak perlu atau tidak harus mengikuti bimbel untuk bisa sukses USM STAN, karena strategi cerdas untuk bisa sukses USM STAN adalah belajar dari pengalaman kakak kelas yang sudah sukses.



Alhamdulillah kabar baiknya bahwa sebagian besar pengalaman kakak kelas yang sudah sukses USM STAN telah dituliskan dalam sebuah eBook Sukses Masuk STAN beserta soal yang sering dikeluarkan yang telah dituangkan dalam eBook Road To STAN yang berisi materi yang sangat lengkap dan soal-soal yang berkualitas. Dan alhamdulillah juga, pengalaman kakak kelas tersebut telah mengantarkan beberapa teman yang sudah menerapkannya bisa sukses masuk STAN dan menjadi mahasiswa STAN. Oleh karena itu, sekarang saatnya teman-teman mempelajari pengalaman kakak kelas tersebut untuk bisa sukses USM STAN dan bergabung bersama kami di kampus STAN [mumpung belum terlambat, hehehe]

5 comments:

  1. Assalamualaikum wr wb
    Saya widy baru saja masuk smk n 1 dukuhturi kab.tegal jurusan akuntansi ,saya ingin sekali masuk STAN apakah yg hrus saya lakukan ? Apakah persiapan dr kls 10 itu terlalu dini ?
    Apakah nilai setiap semester mempengaruhi ?
    Maaf jika saya banyak bertanya
    Terimakasih pak :) mohon di jawab

    ReplyDelete
  2. Kak gimana caranya biar bisa masuk stan?

    ReplyDelete
  3. kak tips bljar tbi gmna ya? soalnya aku msih awam di tbi.

    ReplyDelete
  4. kak minta ebook soal soal yng sering keluar kak?

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)