Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Saturday, October 15, 2011

cloning windows dengan xxclone

Pernahkah anda harus menginstal OS (Mindows) di banyak komputer ? Misalkan anda adalah teknisi warnet baru dengan harddisk-harddisk yang masih kosong dan anda harus menginstal Mindows di setiap komputer. Atau buat anda pengguna perorangan yang pingin punya back up data dan OS-nya di harddisk lain.
Cara pertama yang biasa dilakukan tentu saja boot lewat CD (original) Mindows lalu instalasi dilakukan satu persatu. Kalau komputernya ada banyak ? Waktu yang dibutuhkan untuk instalasi Mindows di satu komputer saja ± 40 menit (spesifikasi P4+256 MB memory) belum ditambah dengan software pendukung.
Cara kedua yang paling efektif dan efisien adalah meng-klon tiap harddisk dari harddisk yang sudah terinstal Mindows lengkap dengan software pendukungnya. Dengan cara ini harddisk “tujuan” akan menduplikasi harddisk “asal” dengan rasio 1:1 atau persis sama dengan aslinya.
Software buat kloning-kloningan ada banyak. Mulai dari yang kudu beli seperti Norton Ghost sampai yang gratisan..seperti XXClone yang akan kita bahas berikut ini :
XXClone : Kelebihan dari XXClone ini adalah dapat menduplikasi harddisk saat Mindows sedang dijalankan. Kebanyakan software lain tidak bisa menduplikasi harddisk saat OS yang ingin di-duplikasi sedang dijalankan, karena ada beberapa file yang tidak bisa dicopy. Misalnya pagefile.sys, atau file-file sistem-nya Mikocok windows.hehehe
Donlot dulu XXClone versi personal 0.58 dari  situsnya lalu unpack dan instal seperti biasa (next-next..bla-bla..)
Pasang harddisk sumber yang sudah terinstal XXClone di Primary Master IDE, sedangkan harddisk tujuan di Secondary Master IDE, harddisk SATA juga bisa kok ! tinggal pasang di port SATA masing-masing.
Perhatian : Ingat dan perhatikan mana harddisk sumber dan tujuan anda. Jangan terbalik yaw !
Jalankan XXClone :
XXCLone Main Window
CONTOH DIBAWAH UNTUK KASUS DUPLIKASI HARDDISK DENGAN MINDOWS 2000/XP
Pemakaian XXClone ini gampang banget. Tinggal pilih mana Source Volume (harddisk sumber), kalau harddisk sumber dipasang di Primary IDE atau SATA 0/1 biasanya ditampilkan [d:0,p:1] file system [SYS] : artinya harddisk sumber ada di Disk 0, partisi 1, file system-nya apa dan [SYS] berarti harddisk sumber sedang dijalankan atau ada Mindowsnya.
Target Volume harus dipilih yang punya entri [d:1,p:1]. Artinya harddisk tujuan ada di Disk 1, partisi 1.
Awas jangan salah nih ! Kalo harddisk sumber anda punya dua partisi (seperti gambar diatas), jangan pilih Target Volume [d:0,p:2], karena XXClone akan menduplikasi isi partisi 1 ke partisi 2, alias kesitu-situ juga dan data di partisi 2 anda akan hilang !.
Kalau nggak yakin dalam pemilihan Source dan Target Volume ini klik aja tombol Diskmgmt yang akan membuka DIsk Management Windows. Atau klik kanan di My Computer lalu pilih Manage-Disk Management. lihat harddisk sumber dan harddisk tujuan anda. Perhatikan pula drive letter nya. Harddisk sumber selalu punya drive letter [C:]
XXClone Advanced Settings
Coba klik juga tab Advanced Settings. Disitu ada beberapa pilihan. Bisa dicoba centang pilihan Use the alternative wallpaper on Target Desktop. Pilihan ini akan menggantikan wallpaper di desktop harddisk tujuan dengan wallpaper bawaan XXClone. Biasanya wallpaper dari harddisk sumber suka nggak kebawa atau path-nya berubah sehingga nggak tampil.
XXClone Cool Tools Tab
Di Tab Cool Tools juga tersedia beberapa tools yang cool, yaitu :
1. Make Bootable : Jika telah selesai menduplikasi harddisk tujuan nggak bisa booting klik saja tombol Make Bootable ini. tapi biasanya XXClone selalu bisa membuat duplikasi harddisk yang persis sama sehingga harddisk tujuan bisa dipake booting sendiri.
2. Duplicate Vol ID : Volume ID (serial number) dari harddisk sumber akan diduplikasi ke tujuan.
3. Add Test Boot : Memodifikasi file Boot.ini di harddisk sumber (untuk mencoba harddisk tujuan)
4. Make QBD : Membuat disket boot
5. Make Batch File : Menyimpan konfigurasi setting XXClone di file batch
6. Restore Points : Sama dengan System Restore di Mindows. Nggak usah dipakai deh.
Kalo semua sudah siap klik tombol START. Lebih baik semua program di background dimatikan dulu seperti antivirus, dan semua aplikasi/service yang nongol di systray.
Selanjutnya ? Saya nggak punya skrinsut lagi nih ! soale sedang nggak perlu kloning-kloning..hehehe..Tapi proses selanjutnya standar aja kok. Ikuti aja dialog box yang muncul.
Setelah selesai matikan komputer, pasang harddisk tujuan ke tempatnya. Booting dan beres !. Pertama kali booting ada window XXClone yang muncul memberitahukan bahwa proses duplikasi selesai

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)