Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wednesday, July 18, 2012

Tentang Azimuth(mengukur sudut dari utara searah jarum jam)


Azimuth adalah sudut antara sasaran terhadap kutub magnetik bumi (sudut kompas) ada juga yang namanya Back Azimuth yang merupakan kebalikan dari Azimuth.
Dalam navigasi darat, azimut biasanya dinotasikan sebagai alfa , \ Alpha , Dan didefinisikan sebagai sudut horizontal diukur searah jarum jam dari garis dasar utara atau meridian . Azimuth juga menjadi lebih umum didefinisikan sebagai sudut horisontal diukur searah jarum jam dari setiap bidang acuan tetap atau mudah dibentuk garis dasar arah.
Saat ini, bidang referensi untuk azimut dalam konteks navigasi umum biasanya  diukur dari utara sebagai 0 ° azimut, meskipun satuan sudut lain ( grad , mil ) juga dapat digunakan. Dalam hal apapun, azimut tidak bisa melebihi jumlah tertinggi unit dalam lingkaran - untuk 360 ° lingkaran, ini adalah 359 derajat, 59 arcminutes, 59 detik busur (359 ° 59 '59 ").
Sebagai contoh, bergerak searah jarum jam pada lingkaran 360 derajat °, titik timur karena akan memiliki azimuth 90 °, selatan 180 °, dan barat 270 °. Namun, ada pengecualian: beberapa sistem navigasi menggunakan geografis selatan sebagai bidang referensi. Arah manapun berpotensi dapat berfungsi sebagai bidang referensi, selama itu didefinisikan secara jelas untuk semua orang menggunakan sistem itu.

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)