Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Thursday, May 10, 2012

Gagal Install Windows(Setup tidak bisa membuat partisi system)

Hai teman-teman,di siang hari yang sedikit mendung ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya saat menginstall windus.Pernahkah teman-teman mengalami masalah saat menginstall windus ,tiba-tiba pada saat tahap penentuan partisi windus menmpilkan keanehannya?itu sangat menjengkelkan!!! Sebenarnya awal cerita ini adalah teman saya yang kuliah di sebuah STMIK,dia kebingungan saat menginstall windus tiba-tiba muncul warning yang kurang lebih artinya bahwa setup windus tidak dapat membuat partisi system.berkali kali dia mencoba untuk mengatasi masalah tersebut sampai ia memformat seluruh isi laptop tersebut tapi tetap saja tak ada hasil.Dia mulai kelihatan stress karena laptop tersebut adalah laptop seseorang yang menyuruhnya untuk di install ulang,dia mengira hardisknya rusak dan sudah bersiap-siap untuk ganti rugi.Akhirnya saya mencoba untuk membantu,anda tahu apa yang saya lakukan??cekidott!!!
1. Hal pertama yang saya lakukan adalah mempartisi ulang hardisknya dengan tools yang terdapat di dalam hiren's boot karena kebetulan data di dalam semua partisi telah di hapus(sudah di format terlebih dahulu oleh teman saya)
2. hal kedua yang saya lakukan adalah mencoba menginstall LINUX ,saya mulai membuat bootable LINUX,namun hasilnya sama,Linux tidak bisa diinstall juga(sangat menjengkelkan)
3. kemudian saya mencoba untuk menginstall ulang windus tersebut namun saya tidak langsung menjalankan setupnya melainkan terlebih dahulu menjalankan memory diagnostics,saya biarkan memory diagnostics berjalan sambil saya tidur,saat saya bangun ternyata memory diagnostics masih berjalan(kapan selesenya...!!!)akhirnya saya menghentikan memory diagnostics tanpa menunggu prosesnya selesai(maklum saya orangnya gak sabaran) ,inilah inti dari tulisan ini.Fitur bawaan windus ini ternyata bisa mengatasi masalah ini.Proses install ulang pun berjalan dengan lancar.
Sekian dari saya,semoga bermanfaat^^
yang tahu cara lain mengatasi masalah ini silakan share atau lengkapi postingan ini di bagian komentar:)

6 comments:

  1. gan, maksudnya gimana tu..
    memorinya di diagnositic atau pake driver lagi,,.
    laptop ane hang juga ni, sama mcam yg ente critain..

    ReplyDelete
  2. caranya gimana punya saya tak install win 8 pro 64 bit malah gag bisa dipartisi sekarang jd gag bisa dipake apa-apa deh

    ReplyDelete
  3. ko sama ni persis punyaq...hayo solusinya gmn ki????

    ReplyDelete
  4. kasih penjelasan yang lebih detil gan... ane masih kurang ngerti...

    ReplyDelete
  5. Jika masalahnya adalah setup windows couldn't create partition. intinya ga bisa install windows.

    anda masuk Hiren atau LiveCD linux.
    1. Buka Gparted
    2. Delete Semua Partisi
    3. Create partisi
    4. Reboot
    5. Setup Windows

    dan untuk mengembalikan semua data yang hilang. anda bisa coba program testdisk..

    CMIWW

    ReplyDelete
  6. Gan lepi ane sdh coba pkepke liveCD linux tp hsl y msh nihil

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)