Selamat Datang

Selamat datang di blog yang sederhana ini. Semua yang ada di blog ini merupakan apa yang saya baca dan saya pelajari ,semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Saturday, October 29, 2011

Tentang Open Source


Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Definisi Open Source dari OSI saat ini sudah mencapai versi 1.9 dengan konsep yaitu:
1. Free Redistribution--Bebas untuk didistribusikan ulang
Distribusi Ulang Gratis Lisensi distribusi tidak melarang pihak manapun untuk menjual atau memberikan software sebagai bagian dari distribusi software terpadu yang memuat program-program dari beberapa sumber yang berbeda. Lisensi seharusnya tidak mensyaratkan royalti atau biaya lain untuk hal tersebut
2. Source Code-- Source code harus tersedia bebas.
Kode Sumber Program harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan distribusi kode sumber sebagaimana distribusi bentuk terkompilasinya. Jika sebuah produk tidak didistribusikan dengan kode sumbernya, harus ada sarana yang terpublikasi baik untuk mendapatkan kode sumber dengan mudah. Kode sumber harus dalam bentuk yang memudahkan programmer untuk memodifikasi program tersebut. Bentuk intermediet, seperti output preprosesor atau translator tidak diperbolehkan
3. Derived Works-- Boleh dimodifikasi/diturunkan dengan lisensi yang sama.
Lisensi harus mengizinkan modifikasi dan penerusan hasil kerja oleh orang lain, serta harus mengizinkannya untuk didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan software aslinya.
4. Integrity of The Author’s Source Code-- Source code asli boleh restricted (didistribusikan tanpa dimodifikasi) asal memperbolehkan distribusi modifikasi/turunan dalam bentuk patch.
Integritas Penulis Kode Sumber Lisensi dapat melarang kode sumber untuk didistribusikan ulang dalam bentuk termodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi file-file tambahan beserta kode sumber untuk tujuan memodifikasi progran pada masa pembangunan. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi software yang dibangun dari modifikasi kode sumber. Lisensi mungkin mensyaratkan hasil kerja turunan untuk menggunakan nama atau versi yang berbeda dari software aslinya.
5. No Discrimanations Againts Persons or Groups-- Tak ada diskriminasi terhadap orang atau kelompok tertentu.
Tak Ada Diskriminasi terhadap Pribadi atau Golongan. Lisensi tidak boleh mendiskriminasi pribadi atau golongan manapun
6. No Discrimanations Againts Fields of Endeavor-- Tak ada diskriminasi terhadap pemakaian dalam bidang tertentu.
Tak Ada Diskriminasi terhadap Bidang atau Usaha Tertentu. Lisensi tidak boleh melarang siapapun untuk memanfaatkan program dalam bidang atau usaha tertentu. Misalnya, tidak boleh melarang program untuk digunakan di bidang bisnis, atau digunakan dalam riset genetika
7. Distribution of License--Lisensi harus disertakan dalam setiap produk software dan turunannya.
Distribusi Lisensi Hak-hak yang dimiliki oleh program harus dapat diaplikasikan oleh semua orang yang menerima distribusi program tersebut, tanpa perlu penambahan lisensi oleh pihak-pihak yang bersangkutan
8. License Must Not Be Specific to a Product--Lisensi tidak boleh hanya untuk produk tertentu.
Lisensi Tidak Spesifik untuk Satu Produk. Hak-hak yang dimiliki program bukan karena program tersebut menjadi bagian distribusi software tertentu. Jika program tersebut dipisahkan dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan di bawah lisensi program, semua pihak yang menerima distribusi tersebut mempunyai hak yang sama sebagaimana hak yang dipunyai oleh distribusi software asal
9. License Must Not Restrict Other Software--Lisensi tidak boleh membatasi software lain.
Lisensi Tidak Membatasi Software Lain. Lisensi tidak boleh melakukan pembatasan terhadap software lain yang didistribusikan bersama dengan software yang diberi lisensi. Misanya, lisensi tidak boleh memaksa agar semua program lain yang didistribusikan melalui medium yang sama harus merupakan open source software
10. License Must Be Technology-Neutral--Lisensi harus netral terhadap teknologi pendistribusian, misalnya tidak boleh mendistribusikan hanya dalam media CDROM saja.
Lisensi Harus Netral terhadap Teknologi. Tidak ada syarat lisensi yang merupakan predikat dari suatu teknologi atau gaya antarmuka tertentu.

11. Agar dapat disebut sebagai perangkat lunak bebas (free software), sebuah perangkat lunak harus menyediakan kode sumber (source-code) yang dapat diakses dan dimodifikasi oleh penggunanya. Yang disebut dengan kode sumber disini adalah kode-kode dalam bahasa pemrograman yang membentuk perangkat lunak bersangkutan sebelum perangkat lunak tersebut di-compile. Perangkat lunak semacam ini lantas disebut sebagai perangkat lunak open source.

Selain Linuk yang telah sering dikupas habis oleh beberapa pemerhati open source, ternyata banyak juga sistem operasi open source yang siap menjadi pesaing windows, diantaranya :

1. ReactOS
Bagaimana pun hebatnya Linux dalam berbagai hal tetap kalah dalam satu hal yaitu
kurangnya aplikasi berbasis multimedia,games dan Video editing dan kalaupun ada pasti masih
terbatas.Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan Emulator seperti
Wine,CrossOver dan Cedega..Sebuah aplikasi tak terkeculai di windows maupun linux membutuhkan routines yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi sebagai contoh sebuah aplikasi yang dibuat dengan Bahasa pemprograman.

ReactOS adalah project yang dikembangkan oleh komunitas free software dan open
source yang binarynya (eksecutable filenya) dan driver compatible (sesuai) dengan Microsoft
windows 2000/XP.Dalam bekerja ReactOS memeliki persamaan dengan projek WINE yang ada
pada linux karena perkembangan ReactOS sangat tergantung dari developer WINE juga. Saat
ini ReactOS telah memasuki tahapan Alpha diman orang yang berminat untuk mengujinya dapat
mengunduhnya disitus resminya http://www.reactos.org.

2. HAIKU (Open BeOS)
Haiku atau yang juga dikenal dengan nama nama Open BeOS adalah sistem operasi
yang dibuat berdasarkan BeOS.BeOS adalah sistem operasi yang memiliki arsitektur kuat yang
dibuat oleh Be Inc,berbeda dengan sistem operasi lainnya yang dibuat berdasarkan hardware
yang ada pada saat itu BeOs dibuat untuk bekerja pada Hardware modern (BeBOX) sehingga
BeOS tidak terlalu dikenal.Sekarang projek BeOS dihentikan karena gagal dalam
mengkomersilkan dirinya.BeOS merupakan sistem operasi yang berjalan pada arsitektur
PowerPC namun pada penghujung usianya BeOS telah berhasil di porting ke platform
X86 .dibandingkan dengan sistem operasi lainnya BeOS memilki beberapa kelebihan yaitu
Arsitektur yang kuat untuk multimedia,mendukung multiprosesor,mendukung 64 journaling file
sistem.
Haiku merupakan Projek yang betul-betul baru dan tidak memilki keterkaitan source
code dengan BeOS,Haiku merupakan salah satu proyek open source.HAIKU masih dalam tahap
praAlpha sehingga untuk menjalankan dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware.

3. Sistem operasi yang memiliki sifat Opensource dan dapat dijadikan alternative selain Linux, ReactOS atau HAIKU (Open BeOS), yaitu :
• Minix (Nenek moyang Linux)
• Plan 9 sistem operasi turunan Unix
• Open Solaris /Sistem operasi milik Sun
• Open Darwin sistem operasi yang digunakan untuk membuat MacOS X
• OpenBSD


Sumber :
RomiSatrioWahono.Net
http: //poss.itb.ac.id
detikinet.com
www.ahardiena.web.id

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik itu adalah yang meninggalkan jejak,berkomentarla dengan sopan dan santun :)